Rabu, 15 Juni 2016

Mengenal USB OTG dan Fungsinya

USB On The Go atau biasa Anda kenal sebagai USB OTG adalah standar yang memungkinkan smartphone (atau perangkat mobile lain) bisa terkoneksi dan berkomunikasi dengan perangkat lain. Jika sebelumnya perangkat mobile hanya bisa dihubungkan ke PC/Mac menggunakan kabel USB maka USB OTG menjadikannya lebih mudah karena kabel sederhana ini akan bisa mengoneksikan perangkat satu sama lain secara langsung.

Masih ada lagi, dengan mengaktifkan smartphone Anda sebagai USB host, Anda akan bisa menggunakan hardware tambahan sehingga bisa bekerja langsung dengan smartphone Anda. Hardware yang dimaksud seperti flashdisk, keyboard atau bahkan alat musik.
Untuk bisa menggunakan USB OTG dengan benar, Anda tentu perlu mengenali smartphone Anda. Dalam hal ini smartphone Android umumnya memberitahukan mengenai support USB OTG melalui logo USB OTG yang tercetak di kotak pembungkus smartphone.



 Setelah mengetahui bahwa smartphone Anda memiliki support USB OTG, yang Anda perlukan sekarang adalah sebuah kabel/konektor USB OTG. Kabel OTG telah bisa dijumpai di pasaran, dengan harga beragam; mulai harga termurah Rp 20 ribuan.

^Konektor USB OTG buatan Samsung (credit: Androidpit)
 
Jika kabel USB OTG dan smartphone telah siap, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan dengan keduanya.

1. Mengoneksikan mouse atau keyboard
Secara umum USB OTG memang dipakai untuk mengoneksikan mouse atau keyboard ke smartphone/tablet. Perlu dicatat bahwa smartphone ataupun tablet memang bisa dipakai bersama mouse atau keyboard tetapi untuk menjalankan game, misalnya, yang membutuhkan banyak kontrol keyboard, kemungkinan besar smartphone tidak akan kompatibel. Meski begitu, secara umum, untuk penggunaan umum (mengetik, dll) USB OTG akan banyak membantu.

Caranya, tancapkan sebuah USB mouse maka cursor akan otomomatis tampil di display smartphone. Cara ini juga bisa membantu jika kebetulan touchscreen rusak/tida responsif. Selain mouse, Anda bisa menggantinya dengan keyboard sehingga tablet Anda bisa berfungsi sebagai laptop.

 Mengoneksikan mouse ke ponsel via USB OTG (credit: Androidpit)
 
2. Mengoneksikan flashdisk
Dengan bantuan kabel USB OTG, Anda juga bisa mengoneksikan flashdisk ke smartphone. Gunakan saja file manager yang ada di ponsel sehingga Anda akan bisa mengakses data-data di flashdisk untuk memutar musik atau video tanpa harus menyimpan file tersebut ke smartphone. Sebaliknya, Anda juga bisa memindah data dari ponsel (foto, video, dll) ke flashdisk sehingga internal storage menjadi lebih longgar.

Mengoneksikan USB flashdisk ke ponsel via USB OTG (credit: Androidpit)

3. Megoneksikan game controller
Jika selama ini Anda mengalami minimnya kontrol smartphone untuk nge-game, maka bantuan kabel OTG akan memberikan jalan keluar. Dengan bantuan USB OTG Anda bisa mengoneksikan gamepad ke smartphone. Sebagai contoh, Anda bisa mengoneksikan Xbox 360 controller dengan bantuan kabel USB OTG ke smartphone, jalankan game dan langsung mainkan. Yup, Anda bahkan tidak perlu mengatur konfigurasi setting.

4. Mengoneksikan MIDI keyboard
Bagi Anda yang hobi menciptakan nada lagu di ponsel, USB OTG memungkinkan Anda untuk mengoneksikannya ke perangkan lain, seperti MIDI keyboards & controllers, audio inputs untuk alat musik & vocals serta kontroler lain yang mampu menguabah ponsel/tablet menjadi mesin pencipta musik.

Nah, sekarang setelah Anda tahu fungsi USB OTG, kenapa tidak Anda mulai hal-hal kreatif di ponsel/tablet Anda? Mengetik laporan kerja, menyusun skripsi, nge-game atau bikin lagu, semua bisa dilakukan dengan lebih mudah di smartphone dengan bantuan kabel USB OTG!

Sumber : http://gopego.com/tips/a/2016/05/mengenal-usb-otg-dan-fungsinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar