Senin, 07 Oktober 2013

Kurang Armada dan Pegawai Penyebab Sampah Menumpuk

       BOGOR (Pos Kota) – Volume sampah di Kota Bogor meningkat setiap tahunnya. Terakhit pada 2012 lalu kemaikan volume sampah mencapai 2.604.4 meter kubik atau naik sebanyak 3,8. persen dari 2.437 meter kubik pada tahun 2011, tahun ini diperkirakan 2.7819 meter kubik.

      Kenaikan sampah ini tak dibarengi dengan penambahan armada dan petugas kebersihan. “Saat ini untuk membersihkan sampah terdapat 900 petugas kebersihan sedangkan jumlah armadanya hanya 97 unit. Sementara sampah setiap harinya bertambah dan jangkaun daerahnya luas. Bagaimana Kota Bogor mau bersih,” kata Kepala Bidang Kebersihan DKP Kota Bogor, Uju Juyono, Jumat.
Jumlah pekerja belum sebanding dengan wilayah Kota Bogor yang cukup luas. “Idealnya, masalah sampah itu diurusi oleh 1.500 pegawai,” katanya.

      Masalah sumber daya manusia dan moda transportasi yang terbatas serta sudah cukup tua menjadi kendala lain. “Jumlah armada saat ini jelas masih kurang untuk melayani enam kecamatan dan 67 kelurahan,” tambahnya.
      Dari 97 armada itu, 30 armada di antarnya sudah berusia tua antara 11 tahun-18 tahun. Idealnya, untuk melayani kebersihan dibutuhkan 150 truk sampah. “Tambahan lima truk pada 1 September mendatang bukannya mengurangi beban, melainkan hanya menggantikan truk yang sudah tua.

     Kota Bogor saat ini membuang ke TPA Galuga, di Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Jarak tempuh ke TPA Galuga bisa mencapai sejam. “Jaraknya yang jauh itu memaksa truk sampah hanya mampu dua kali pulang pergi ke TPA Galuga dalam sehari,” katanya.

     Adanya keterbatasan inilah, permasalahan sampah di Kota Bogor tidak akan terselesaikan. Salah satu sosulusinya harus mempunyai TPA sendiri. “Kita sudah wacanakan pembangunan TPA Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal, namun masih terkendala berbagai masalah,” tutupnya. (iwan)


sumber: http://www.poskotanews.com/2013/09/20/kurang-armada-dan-pegawai-penyebab-sampah-menumpuk/

opini: Pemerintah seharusnya siap tanggap dalam menangani sampah, memberikan peralatan serta petugas yang siap untuk membersikan sampah yang menumpuk. sampah termasuk pemandangan tidak sedap untuk kota. hal ini perlu ditangani dengan serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar