Jumat, 25 April 2014

Keindahan Puncak JayaWijaya, Satu-satunya Tempat Bersalju di Indonesia


A. Keindahan Puncak JayaWijaya

Ingin salju turun di Indonesia seperti dalam cerita di film-film Korea di televisi? Hal ini mungkin bisa kamu dapatkan bila berkunjung ke beberapa mall terkemuka di Jakarta yang memang membuat ruangan khusus bersalju.

Sejatinya, Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa memang memiliki iklim tropis sepanjang masa sehingga tidak memungkinkan adanya turun salju di wilayahnya. Namun keajaiban alam sering muncul di Indonesia. Salah satunya yaitu salju abadi di puncak Gunung Jayawijaya.

Di puncak gunung tertinggi di Indonesia ini, salju terhampar begitu luas. Ketinggiannya yang mencapai 4.884 dapl membuat salju abadi pun menutupi puncak gunung di Papua ini. Salju di puncak Jayawijaya merupakan salah satu fenomena alam yang unik, karena es alami biasanya tidak turun di sepanjang khatulistiwa. Jika dilihat dari udara, Puncak Jayawijaya bagaikan permadani yang diselimuti tudung putih. Jika matahari sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan akan memantulkan cahaya matahari yang menyilaukan namun tetap mengagumkan.

Pegunungan Jayawijaya merupakan dataran tinggi dan bersuhu rendah, terkadang pada bulan-bulan tertentu di puncak gunung Jayawijaya terdapat salju. Suhu di Pegunungan Jayawijaya saat malam hari dapat mencapai 10 – 15 derajat celcius, maka sebelum anda berangkat ada baiknya mempersiapkan baju hangat dan tebal untuk dibawa.

 Keindahan puncak Jayawijaya atau yang lebih dikenal para pendaki sebagai Piramida Carstenz terdaftar sebagai satu dari tujuh puncak benua (seven summit) yang sangat fenomenal dan menjadi incaran para pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Carstenz diambil dari nama penemu pegunungan ini, Jan Carstenz yang melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis melalui sebuah kapal laut di tahun 1623.

Berada di Puncak Jayawijaya atau di Puncak Carstenz merupakan impian para pendaki gunung. Persyaratan yang tidak mudah dan biaya yang tidak murah pun harus disiapkan jauh-jauh hari guna mengatasi berbagai rintangan yang ada. Mulai dari kondisi alam yang begitu terjal, suhu sangat dingin, dan angin yang kencang serta kemungkinan kekurangan oksigen menjadi tantangan tersendiri.

B. NILAI ESTETIK

Dengan pesona yang indah, puncak JayaWijaya itulah yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya, biasanya yang berkunjung ke puncak Jayawijaya adalah wisatawan yang memiliki jiwa petualang dan berwisata dengan penuh tantangan demi mendapatkan sebuah kepuasan yang tak terhingga. Selain itu, berwisata ke puncak JayaWijaya akan semakin menguji adrenaline wisatawan, tidak itu saja gunung rinjani juga termasuk sebagai objek wisata yang cukup berbahaya di indonesia. 

Sumber:
 http://kotawisataindonesia.com/menyusuri-keindahan-lembah-baliem-di-pegunungan-jayawijaya/
 http://www.belantaraindonesia.org/2013/01/pesona-puncak-jayawijaya.html 
 http://www.describeindonesia.com/papua/papua/item/826-travel-to-indonesia-pegunungan-jaya-wijaya-papua.html
 

 

1 komentar: